Rabu, 11 November 2009

Buku Merah

dapat sms tentang pengiriman cerpen. hmm, iya, iya....sya bingung juga. apa ya?

tiba-tiba mata tertuju pada buku yang sya baca. Dan Brown, benteng digital. mata sya mengekor pada samping buku Dan Brown, buku bersampul merah.

Sya raih buku itu. sampul bertekstur kasar berwarna merah dengan tulisan arab yang samar. penjilidan hardcover yang mengingatkan sya pada buku sihir harry potter. segera sya buka buku itu. mencari di antara lembaran usang kertas. siapa tahu ada pemiliknya, atau nama lah.

Pertama kali buku misterius tersebut ditemukan bapak di depan rumah di suatu pagi. bapak sengaja membiarkan, siapa tahu pemiliknya akan mengambil. tapi sampai malam tak ada yang mengambil buku berisi catatan pelajaran itu. akhirnya bapak menyimpan buku itu di laci penyimpanan seperti biasa.

Penasaran, sya buka lembaran sambil berbincang dengan bapak. kira-kira sekolah SMP atau SD ya pemiliknya? menelusuri baris demi baris berharap menemukan petunjuk. terus mencari sampai lelah sendiri.

Pagi ini sya lakukan lagi penelusuran buku misterius itu. Subhanallah, entah dari mana datangnya, ada ilham untuk membuka lipatan kecil di sudut buku. nampaklah tulisan tanggal, bulan, dan tahun. sya ingat persis tahunnya 1974. jadul beud!! siapa yang punya ya?

sya buka-buka buku itu. subhanallah, catatan terlengkap untuk ukuran SD dan SMP zaman sekarang! Kesusastraan, sejarah, dan biologi yang semasa sya sekolah baru dikenal saat SMA, sudah ada di zaman dahulu. subhanallah, dengan buku ini sya menelusuri pendidikan zaman dulu. hmm, teringat Lintang jadinya. itu tuh, tokoh di film Laskar Pelangi.

Sampai kini sya belum menemukan pemilik ensiklopedia itu. tapi, semoga Allah swt memberkahinya yang secara nggak sengaja menitipkan ilmunya ke sya dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar