Rabu, 25 November 2009

yuk nge-blog!! ^_^

hai hai hai

di tulisan pertama sya ini, sya mau bercerita tentang pencarian sya terhadap blog. kenapa nyari blog? di mana nyarinya?

sya nyari blog di google.com dan nyari untuk nambah akun blog sya. lumayan banyak yang bisa sya utak-utik dari sebuah blog. hmm, terus, kenapa judulnya share-blog, act 1?

judul itu sya pilih, karena sya juga menggunakan beberapa langkah untuk membuat blog. dulu, awal sya kenal blog, sya kira sya akan habiskan waktu untuk nulis, nulis, nulis. ternyata, sya salah. blog bisa juga diisi hal lain: foto, link, video, dan banyaakkk lagi. nah, setelah tahu yang banyak itu,, sya melakukan satu langkah membuat blog, yang juga disarankan beberapa ahli blogging.

1. sketsa
dalam hidup pasti banyak rencana. begitupun dengan blog. sebelum memulai bikin blog, kita sketsa dulu, apa aja sih kira-kira isi blog nanti? mau ditaruh mana aja isi-isi itu? nah, buat deh sketsa itu di lembaran kertas.

banyak blogger pemula yang nggak mempedulikan sketsa ini. padahal, sketsa sangat membantu. cuma, kalau ada yang mau sambil jalan, ya monggo. ga dilarang ^.^

2. penyedia blog
kali ini kita akan bahas apa saja web-web penyedia blog. kenapa harus tahu siapa yang menyediakan blog? tentu aja supaya bisa bikin blog
*peace*

berikut ini beberapa web penyedia blog yang sya temukan setelah mencari di mbah google:
http://blogspot.com, ada juga http://multiply.com, trus blog yang baru sya coba utik-utik http://blogdrive.com. ada lagi http://blogsome.com selain itu ada blog yang terkenal di antara teman-teman http://wordpress.com untuk yang buatan indonesia http://ngeblog.com


banyak lagi web yang nggak mungkin sya sebut di sini. tapi, semua blog itu gratis! bukan membudayakan gratisan, tapi kalau baru mulai berkarya dengan blog, lebih baik yang gratis dulu. nanti kalau serius, baru deh....cari yang berbayar.

untuk beberapa blog yang sya sebut, umumnya menawarkan hal yang mirip. sya rasa bukan tempatnya untuk membahas tiap-tiap blog terdaftar di atas. so, lets try. coba-coba. cari yang cocok.

sementara, sampai sini dulu, ya...
biar nggak bosen. toh kebanyakan informasi juga kurang bagus. nanti pembaca malah butuh tenaga ekstra untuk memilah informasi yang membanjir. semangat!! yuk, ngeblog!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar