Rabu, 16 Juni 2010

Training Manajemen LDK @ FSLDKD IV Kaltim

Bismillahirrahmaani rrahiim...

Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembah ku bukan penyembah Allah." Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya (QS Ali imran 179)

Pengalaman mengisi training pertama kali di luar Jawa, merupakan hal yang sangat luar biasa berkesan. Sejak keberangkatan, pendaratan di Balikpapan, perjalanan menuju Samarinda, setiap aktivitas di Samarinda, kemudian kembali lagi ke Balikpapan untuk bertolak ke Jakarta, merupakan serangkaian hikmah yang sangat banyak berdesak-desakkan untuk dipetik. subhanallah. ..


Training Manajemen LDK @ FSLDKD IV Kaltim
sekitar pukul 7.45 pagi waktu setempat, kami menuju tempat pelatihan. acara sidang berlangsung saat kami datang kesana. sidang berjalan hangat dan cukup alot. waktu itu saya dan agung langsung mikir "ini bener-bener harus ada ice breaking dulu di awal", hehe.. abis suasananya tegang banget kayanya.

sekitar pukul 10.30 kami diberi kesempatan untuk mengisi acara. dimoderatori oleh akh Rizal, ketua Pusdima Unmul kami menyampaikan materi pertama tentang "Paradigma dan Dasar-dasar Perancangan LDK". Materi ini bersifat pengantar menuju pelatihan sektoral (kaderisasi dan syiar). Pada materi pertama ini, kami awali dengan permainan 'flip-flop' untuk menghangatkan suasana, kemudian masuk ke materi.

subhanallah, tatapan mata ikhwah kita disana begitu bersemangat dalam menangkap setiap materi yang disampaikan. pada sesi pertanyaan cukup banyak yang hendak bertanya, namun karena keterbatasan waktu, hanya beberapa saja yang diberi kesempatan bertanya.







sekitar pukul 11.30 materi sektoral dilakukan. saya menyampaikan tentang kaderisasi, dan akh agung materi syiar. materi berlangsung sampai pukul 12.30, kemudian break shalat dan makan, lalu dilanjutkan pukul 13.30 sampai sekitar pukul 15.00.

pertanyaan yang disampaikan sangat beragam dan -jujur- cukup banyak yang diluar ekspektasi. misalnya saja, kondisi dimana mahasiswa di Balikpapan 90% bekerja sambil kuliah. mereka bekerja di pagi dan siang hari, kemudian kuliah malam hari hingga pukul 21.00. oleh karenanya cukup sulit mencari waktu untuk menjalankan kaderisasi dan program syiar.

namun alhamdulillah, keseluruhan pelatihan berjalan dengan lancar dan respon dari peserta pun positif. berikut beberapa testimoni peserta di training manajemen LDK kemarin:

"GAMAIS ITB Never Ending Inspiration! !! Maju terus untuk GAMAIS, insya Allah kami akan menyusul.^_^ "

"Alhamdulillah. .. materi yang disampaikan sangat bagus... cukup memberikan kami wawasan yang sangat bermanfaat dalam pengkaderan. Harapan saya... tolong acara TMLDK ini jangan hanya pada hari ini saja... adakan pembinaan langsung ke LDK-LDK dalam pengaplikasian pembinaan"

"Subhanallah, penjelasannya cukup menarik sehingga kami terinspirasi untuk lebih kreatif dan inovatif untuk merekrut calon kader yang berpotensi"

"Bagus, keren, mantap, luar biasa, dahsyat"

dll...


ikhwahfillah, mari bergerak!

Teruslah bergerak, hingga kelelahan itu lelah mengikutimu.
Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu.
Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu.
Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertaimu.
Tetaplah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu.

"Bersama Dakwah Kampus Seluruh Indonesia, Mari Kita Wujudkan Indonesia yang Lebih Baik"



"Satu Keluarga Menjadi Model LDK Nasional Berbasis Pembinaan dan Kompetensi Melingkupi Seluruh Sayap Dakwah Menuju Indonesia Islami"

*squad trainer: insya Allah akan ada Forum Sharing trainer terkait follow up pelatihan ini dan proyeksi pelatihan-pelatihan yang lebih dahsyat nantinya. Semangat menginspirasi Indonesia! Allahu Akbar!

next project:
- Sekolah LDK @ FSnas Ambon
- TMLDK @ FSDLKD Bali
- Sekolah LDK Bandung Tengah
- Sekolah LDK Bandung Raya



Rd. Adjie Wicaksana T.R

Industrial Engineering
Bandung Institute of Technology

Head of GAMAIS ITB 2010: Kontributif- Inspiratif. .^^


blog    : http://adjiewicaksa na.wordpress. com
email  : obenk_10089@ yahoo.com; adjie.wicaksana@ gmail.comfacebook | mobile phone: 0818143540
~Never Ending Improvement~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar