Selasa, 14 September 2010

Aku Apa Adanya

Tak seperti bintang di langit
Tak seindah sinar pelangi
Kuakui ku bukanlah mereka
Ku apa adanya
Rupaku kan memang begini
Sikapku jelas tak sempurna
Karena diriku bukanlah mereka
Ku apa adanya
(Apa adanya—Edcoustic)

Manusia adalah makhluk ciptaanNya, ia memiliki tugas yang harus diselesaikan kala ia masih melihat dunia. Karena itulah, seorang manusia harus optimal dalam menjalankan amanahnya.

Dalam pelajaran PPKn, tugas manusia ada dua, yaitu sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Dalam ilmu komunikasi, sangat mudah menjadi makhluk individu atau menghadapi satu individu dibanding bila menghadapi sebuah komunitas masyarakat dengan berbagai karakter.

Sebagai makhluk sosial, manusia terus menghadapi berbagai manusia dengan berbagai karakter. Dalam suatu jamaah, dalam suatu organisasi, dalam suatu lingkup kehidupan kelas, tidak semua teman memiliki pemikiran yang sejalan dengan seorang individu. Tiap manusia memiliki sebuah otak yang terus berpikir tidak sama persis dengan orang lain.

Keragaman adalah seni yang Allah cipta sehingga melalui perbedaan individu terjadi suatu sinergisitas yang mewujud karena perbedaan karakter yang saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, sudah sebaiknyalah sikap setiap manusia memahami keadaan teman, sahabat, atau bahkan saudaranya. Menerima rekan tanpa keinginan yang begitu tinggi akan suatu perubahan karakter sesuai harapannya. Kalau boleh saya lanjutkan bait lagu Edcoustic,

Menjadi diriku dengan segala kekurangan
Menjadi diriku akan kelebihanku
Terimalah aku seperti apa adanya
Aku hanya insan biasa tak tentu sempurna
Tetap kubangga akan apa yang kupunya
Setiap waktu kunikmati
Anugerah hidup yang kumiliki


Penerimaan kita sebagai makhluk sosial terhadap teman, sahabat, atau saudara kita akan buahkan apa yang sering disebut ukhuwah. Penerimaan kita akan membuat saudara kita, teman, atau sahabat kita optimis dengan keberadaannya sebagai manusia. Begitu banyak efek domino—dalam hal ini efek positif—yang berawal dari penerimaan akan seseorang tanpa pretensi.

2 komentar:

  1. menjadi diri sendiri tentu lebih baik^^

    BalasHapus
  2. like my friend said, chik ^.^
    dan hal itu masih sulit terjadi saat tulisan ini dibuat. semoga sekarang nggak begitu ya chik, tapi lebih indah lagi ^.^

    BalasHapus