Minggu, 24 April 2011

Tentang Cinta Seorang Suami

Dil ne yeh kaha hai dil se
mohabbat ho gayi hai tum se

Dentingan musik diiringi sebait lagu awal itu menggugah saya untuk terus menyimak. Ya, seorang teman membuat saya penasaran dengan kesukaannya akan sebuah lagu berjudul "dil ne yeh kaha hai". Saya search di web khusus video dan mendapati lagu itu berupa klip india. hmm, ternyata, itu adalah bagian cerita sebuah film zaman dahulu India! 

entah kenapa saya merasa sangat tertarik menyimak sampai habis, bahkan mendownload lagu ini. Tak hanya itu, saya juga mencari tahu tentang film tersebut. Sepertinya saya perlu menjabarkan sedikit film Dhadkan ini ya?

Seperti film India zaman dahulu yang hampir seragam kisah terkait percintaan, maka film ini juga diawali dengan kisah cinta putri orang kaya dengan pemuda tampan dari kalangan miskin dan dianggap anak haram. Eleuh, kejamnya dunia. Percintaan mereka ditentang, tentu dari pihak sang perempuan. Kemudian perempuan kaya dijodohkan dengan lelaki kaya juga. Oke, oke, untuk mempermudah, kita sebut nama yuk, toh dalam film ini juga ada nama-nama tokoh. 

Anjali, sang gadis, meski sudah menjadi istri Ram, tetap menjaga kesucian cintanya pada Dev (pemuda miskin itu). Tak ada perselingkuhan fisik di sini karena Anjali otomatis tinggal bersama Ram yang jauh dari tempat tinggal Dev. Di sini juga dimulai kisah menantu yang selalu disalahkan oleh keluarga Rm. intinya, ketidakharmonisan deh. Anjali sabar menghadapi berbagai tuduhan yang diarahkan padanya sampai Ram juga ikut membela Anjali meski ia tahu Anjali belum mencintainya (eleeeeuh....). Ram yang dididik untuk membela kebenaran di dunia kepolisian, tidak peduli pada keluarganya yang terus menuduh Anjali. Ia terus membela Anjali bila memang Anjali terbukti benar. Lambat laun hal itu membuat Anjali jatuh hati pada Ram.

Ketika pernikahan mereka berjalan 3 tahun, Dev hadir kembali dalam hidup Anjali. Kini Dev sudah menjadi pengusaha kaya dan berusaha merebut Anjali (Duh, itu kan udah jadi istri orang). Anjali mulai teringat cinta lamanya dan bimbang.

Apa kata Ram ketika Anjali bimbang? Hmm, sangat indah.

Yap, bagi saya, Ram adalah sosok suami sejati yang begitu tegas menghadapi permasalahan hidupnya. Ram juga suami yang begitu sabar menjalankan kewajibannya sebagai suami: mengayomi keluarga. Ram sadar dirinya tidak dicintai sejak awal oleh istrinya, tapi ia tidak ingin menjadikan itu masalah besar dalam pernikahannya. Ia yakin bahwa Anjali adalah perempuan yang memang ditakdirkan Tuhan untuknya, jadi ia tak ragu untuk berusaha membahagiakan istrinya. Terakhir, Ram adalah sang pengambil keputusan. Yap, jelang akhir film, Dev mengakui perasaannya terhadap Anjali di depan Ram. Tapi tidak seperti film lebay lain yang pastinya pihak laki-lki menyerahkan pada perempuan untuk menentukan siapa yang dipilih. Di sini Ram membuktikan ke-suami-annya.  Dipertahankannya Anjali sebagai istrinya.

Maaf temans, terganggu dengan tulisan saya. Hanya ingin menuliskan sudut pandang saya terhadap sebuah film saja.

3 komentar:

  1. Keren, May :-)
    Jujur saya juga demen ama pelem India hehehe

    BalasHapus
  2. salah saatu film india yg keren nech,,,hehe

    BalasHapus