Selasa, 02 Februari 2010

HOAX

Di dunia maya sering kita dengar, baca, informasi-informasi. ya, di dunia maya, layaknya dunia nyata. segala macam informasi bereliweran. baik yang kita utuhkan maupun yang tidak.

Lalu, apa hubungannya dengan HOAX? memangnya itu singkatan?
Saya teringat dengan pesan singkat teman saya di ponel. katanya dia meneruskan email berita ke komunitas kampusnya, tapi banyak yang bilang hoax. dia menanyakan apa itu hoax.
Hoax berasal dari bahasa Inggris. Menurut kamus yang saya gunakan, hoax:
kb. olok-olok(an), cerita bohong. -kkt. memperdayakan.


enigma di blognya menuliskan ciri-ciri hoax:
Saya akan mendefinisikan sesuatu sebagai hoax apabila :

1. Ada oknum yang mengakui bahwa ialah yang merekayasa objek/foto atau peristiwa tersebut dengan didukung oleh bukti. Anda bisa melihat poin ini di postingan berjudul : Misteri UFO blok M Terpecahkan !
2. Ada bukti yang tidak terbantahkan bahwa objek/foto atau peristiwa bahwa itu adalah hoax walaupun tidak ada yang mengakui dirinya sebagai perekayasa. Anda bisa melihat contoh poin ini di postingan berjudul : rekayasa ular borneo.



dalam blognya juga, saya belajar dari enigma bahwa saya juga haru berhati-hati mengatakan sesuatu itu hoax. ya, selama tidak didapati kedua ciri di atas, sesuatu itu masih saya asumsikan hoax. bukan kepastian bahwa sesuatu itu hoax.

oke, the last. selamat mencari informasi di internet. serta berhati-hatilah. saya bukan mau menakuti, tapi berjaga-jaga nggak alah, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar