Rabu, 30 November 2011

Terbitnya Buku dan Keuangan Pembeli

Siang ini ingin menulis sesuatu. Boleh, ya? Ini terkait ilmu baru dalam dunia perbukuan lho. Simpel, sih, tapi saya baru tahu kalau pengaruhnya besar. Sangat besar malah. Lantas, apa itu?

Gini, gini, dari dulu saya cuma tahu proses munculnya buku: naskah >>> editing >>> revisi >>> layouting >>> cetak. Kemudian pengetahuan saya bertambah dengan mengetahui jangka waktu proses sebuah naskah mentah dan editing. Saya kira setelah itu naskah langsung terbit. Tapi hari ini saya baru tahu kalau itu tidaklah selalu dilakukan semua penerbit. Kenapa?

Yep. berawal dari info buku yang baru terbit di Bulan November 2011, kemudian buku yang akan terbit Desember 2011, saya menarik sebuah keterkaitan antara waktu-waktu terbit atau launchingnya buku-buku baru. Yap, buku yang baru terbit kemarin dilaunching tanggal 20-an November, kemudian buku yang akan terbit dijadwalkan launching tanggal 24 pada bulan terbitnya. Hem, hem, hem, jadi mereka terbitkan buku jelang akhir bulan? Kenapa? Saya berpikir dan berpikir hingga...

Hingga saya menemukan suatu keterkaitan antara tujuan penerbit mencetak buku dan kondisi ekonomi masyarakat sekitar buku tersebut. Yap, sebagian besar pegawai di Indonesia akan menerima gajinya jelang akhir bulan, atau malah di akhir bulan, dan para penerbit mengejar masa-masa itu. Masa-masa ketika dompet pegawai sedang tebal-tebalnya :D. Wajar, sih, strategi penjualannya, secara mereka juga cetak buku untuk dijual, kan?

Oke, share saya segitu dulu ya. Lain kali saya share lagi sesuatu yang baru saya tahu ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar